-->
Akumuss
Akumuss Saya bukanlah siapa-siapa.

Download Aplikasi E-Pemilos | Pemilihan Ketua Osis | E-Voting

Aplikasi Pemilihan Ketua Osis kini mulai banyak digunakan di setiap sekolah menengah. Terutama adalah sekolah menegah kejuruan untuk memilih ketua osis. Aplikasi voting ini sering juga disebut dengan aplikasi pilketos/pilkasis/e-voting atau apalah terserah kalian menyebutnya.
APLIKASI E_PEMILOS - E-Vote - Pemilihan Ketua Osis
APLIKASI E_PEMILOS - E-Vote - Pemilihan Ketua Osis | DASHBOARD

Pengertian Pemilos (Pemilihan Ketua Osis)

Pemilos adalah suatu proses pemilihan ketua yang dilakukan dalam lingkup sekolah dan dilakukan secara demokratis. Pemilos merupakan bentuk kerjasama antara KPU (Komisi Pemilihan Umum) dengan pihak sekolah. Dengan diadakan pemilos. Maka siswa yang barusaja memasuki usia 17 tahun dan memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk) akan ikut ambil peran dalam pemilu yang sesungguhnya. Untuk itu, hal ini sebagai bentuk sosialisasi dan pengenalan terhadap siswa.



Untuk aplikasi yang saya bagikan ini bernama E-Pemilos / Pemilos Online. Aplikasi voting ini saya buat bersama dua orang teman saya yang bernama hasan dan bobola. Tujuan utama dari aplikasi e vote ini adalah untuk melengkapi tugas proyek di sekolah.

Aplikasi pemilihan ketua osis berbasis web ini dikembangkan dengan php dan mySql. Meskipun aplikasi e voting berbasis web sudah banyak beredar. Tetapi aplikasi ini saya buat bersama teman-teman saya mulai dari nol. Aplikasi pemilos online ini kami buat menggunakan bantuan framework codeigniter. Jadi untuk segi keamanan insyaallah terjamin heheh. Selain itu, untuk navigasi, kami menggunakan datatables.

Latar Belakang Aplikasi Pemilihan Ketua Osis (E-Pemilos)

Kertas merupakan salah satu produk ATK yang tidak dapat dipisahkan dari keseharian manusia. Hal ini ditunjukan dari tingkat konsumsi kertas yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Menurut data yang diperoleh dari Kementerian Perindustrian tahun 2013, kebutuhan pulp dan kertas dunia tahun 2012 mencapai 340 juta ton. Angka tersebut diperkirakan akan mengalami kenaikan menjadi 490 juta ton pada tahun 2013. Untuk Indonesia sendiri, kebutuhan pulp dan kertas mencapai 7,8 juta ton.

Pembuatan pulp dan kertas di Indonesia umumnya menggunakan bahan baku yang berasal dari kayu. Secara eksplisit, kebutuhan kayu didapatkan dari hutan-hutan yang tersebar di seluruh Indonesia. Namun, luasnya hutan Indonesia nampaknya belum mampu mencukupi kebutuhan bahan baku kertas dan pulp. Rencana pemerintah untuk mengembangkan HTI (Hutan Tanaman Industri) dalam rangka penyediaan bahan baku bagi industri berbasis kayu pun masih belum dapat mengatasi kelangkaan bahan baku. Hal tersebut mendorong perusahaan industri kertas skala besar berupaya memperoleh bahan baku dari pasar gelap (illegal logging) yang berasal dari hutan alam, sehingga sangat berpotensi merusak hutan (Manurung dan Sukaria, 2000).

Salah satu kegiatan tahunan sekolah yang juga membutuhkan banyak kertas adalah Pemilihan Ketua OSIS (Pemilos). Dalam proses Pemilos, tentu kertas yang dipergunakan untuk mencetak surat suara tidak sedikit jumlahnya. Hal tersebut jelas menjadi salah satu pemicu tingginya penggunaan kertas di
Indonesia. Selain itu, proses percetakan pasti mengeluarkan biaya. Bila 1 surat suara membutuhkan biaya Rp 1.000,00 dan jumlah seluruh siswa di sekolah adalah 2000, maka sekolah harus rela mengeluarkan dana sebesar Rp 2.000.000,00 setiap tahunnya. Angka yang cukup besar dan pasti akan lebih bermanfaat bila digunakan untuk operasional program kerja yang lain.

Setelah proses percetakan surat suara, selanjutnya adalah persiapan, pemungutan suara dan penghitungan suara. Dalam proses persiapan, banyak waktu yang akan terbuang utamanya dalam melipat surat suara. Bila satu surat suara dilipat selama 1 menit, maka untuk 2000 surat suara dibutuhkan waktu 2000 menit atau setara dengan 33 jam. Belum lagi saat penghitungan surat suara.

Terdapat kemungkinan proses penghitungan yang lama, itupun belum tentu menghasilkan hasil penghitungan yang akurat. Namun, kegiatan Pemilihan kaetua osis tentu tidak dapat dihilangkan begitu saja karena Pemilos merupakan wujud implementasi demokrasi siswa di sekolah. Oleh karena itu, penulis berupaya mencari solusi dari Pemilos yang boros kertas, waktu, dan biaya. Berlatar belakang Informatika sebagai basis penulis, maka penulis berusaha mengembangkan suatu aplikasi Pemilos yang hemat, cepat, dan akurat. Aplikasi teersebut diberi nama Pemilos Online (E-Pemilos). Keunggulan dari aplikasi tersebut adalah efisiensi kertas, biaya, dan waktu serta hasil penghitungan
suaranya lebih akurat.

Aplikasi ini dikembangkan menggunakan konsep OOP di mana objek pertama adalah admin dan objek kedua adalah pemilih. Admin dapat melakukan kegiatan dasar seperti menambah, melihat, mengubah, menghapus, dan mencari data. Halaman admin berisi menu : mengolah data calon ketua, mengolah data pemilih, melihat hasil suara, melihat grafik pemilihan, dan lain-lain. Salah satu
kelebihan aplikasi ini adalah dalam proses pengolahan data pemilih, admin dapat meng-import data dari excel apabila jumlah data pemilih cukup banyak. Untuk halaman pemilih, siswa masuk ke dalam aplikasi terlebih dahulu menggunakan barcode atau qrcode. Setelah itu pemilih dapat melihat kandidat ketua osis, visi misi calon ketua osis, dan memilih salah satu dari kandidat tersebut.

Tujuan Aplikasi E-Pemilos | Pemilihan Ketua Osis Online

Aplikasi pemilos ini bertujuan untuk mempermudah dalam proses pemilihan ketua osis di sekolah dan mensosialisasikan dampak positif dalam pemanfaatan teknologi yaitu hemat, cepat, dan akurat. Hemat yang dimasksud yaitu biaya yang digunakan dalam pemilos akan lebih murah daripada menggunakan kertas. Proses pemilihan akan lebih cepat karena dapat dilakukan bersamaaan oleh banyak orang sekaligus. Hasil penghitungan suara akan sangat akurat serta tidak akan membuang waktu cukup banyak untuk membuka surat suara satu-persatu.

Download Aplikasi E-Pemilos

Untuk mendapatkan aplikasi ini, silahkan klik tombol download berikut ini. Aplikasi ini saya berikan gratis buat kamu tapi jangan disalah gunakan. Oh iya, karena aplikasi ini gratis tolong bantu donate admin dengan klik salah satu iklan di blog ini ya heheh. Terimakasih


Keluaran yang Diharapkan dari Aplikasi Pemilihan Ketua Osis Online

Besar harapan kami agar proses pemilihan umum dapat berjalan lancar, paperless, efisien waktu dan biaya, serta menghasilkan penghitungan yang akurat. Selain itu, kami berencana untuk terus mengembangkan aplikasi E- Pemilos ini sehingga fitur-fitur seperti laporan rincian perolehan suara, catatan kejadian khusus, daftar hadir, surat pemberitahuan pemilihan, dan lain-lain dapat ditambahkan dalam rangka penyempurnaan aplikasi.

Apabila aplikasi sudah siap dipasarkan, kami akan bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Balai Pendidikan untuk mensosialisasikan aplikasi ini sehingga dapat digunakan oleh seluruh SMP dan SMA sederajat di Kabupaten Bantul untuk kegiatan Pemilos.

Metode Pengembangan E-Pemilos

Untuk mendapatkan hasil pembahasan dari suatu masalah dan kesimpulan, di perlukan data informasi yang objektif. Sebelum data diperoleh terlebih dahulu harus diserasikan dengan masalah-masalah yang dihadapi dan tidak menyimpang dari pokok masalah.

Pengembangan sistem yaitu aktifitas untuk menghasilkan sistem berbasis komputer untuk menyelesaikan persoalan berbasis komputer untuk menyelesaikan masalah organisasi atau memanfaatkan kesempatan yang timbul. Oleh karena itu itu penulis menggunakan metode pengembangan sistem, agar software yang dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan. Berikut ini tahapan yang dilakukan :

a. Tahap Perencanaan Sistem

Tahap perencanaan adalah tahap awal pengembangan sistem yang mendefinisikan perkiraan kebutuhan-kebutuhan sumber daya seperti perangkat fisik, manusia, metode (teknik dan operasi), dan anggaran yang sifatnya masih umum (belum detail/rinci).

b. Tahap Analisis Sistem

Tahap analisis sistem adalah tahap penelitian atas sistem yang telah ada dengan tujuan untuk merancang sistem yang baru atau diperbaharui.

c. Tahap Desain Sistem

Tahap desain sistem adalah tahap setelah analisis sistem yang menentukan proses dan data yang dilakukan oleh sistem baru.

d. Tahap Implementasi

Tahap implementasi atau penerapan adalah tahap di mana desain sistem dibentuk menjadi suatu kode (program) yang siap untuk dioperasikan.

e. Tahap Pemeliharaan

Tahap memelihara merupakan tahap yang dilakukan setelah tahap implementasi, yang meliputi pemakaian atau penggunaan, audit sistem, penjagaan, perbaikan, dan peningkatan sistem.

APLIKASI E_PEMILOS - E-Vote - Pemilihan Ketua Osis
Data Calon

APLIKASI E_PEMILOS - E-Vote - Pemilihan Ketua Osis
Data Pengawas

APLIKASI E_PEMILOS - E-Vote - Pemilihan Ketua Osis
Data Pemilih

APLIKASI E_PEMILOS - E-Vote - Pemilihan Ketua Osis
Hasil Pemilihan

APLIKASI E_PEMILOS - E-Vote - Pemilihan Ketua Osis
Form Login

APLIKASI E_PEMILOS - E-Vote - Pemilihan Ketua Osis
Form Pemilihan

APLIKASI E_PEMILOS - E-Vote - Pemilihan Ketua Osis
Form Visi Misi

APLIKASI E_PEMILOS - E-Vote - Pemilihan Ketua Osis
Form Succes Memilih

APLIKASI E_PEMILOS - E-Vote - Pemilihan Ketua Osis
Form Absen Dulu

Itulah Aplikasi E-Pemilos yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat ya. Silahkan gunakan dengan bijak dan jangan diperjual belikan. Buat tugas sekolah silahkan tapi jangan full copas nanti kamu gak nambah ilmunya heheh.

Akumuss
Akumuss Saya bukanlah siapa-siapa.
Load comments