-->
Akumuss
Akumuss Saya bukanlah siapa-siapa.

Download Template Kalender 2020 CRD Lengkap Dengan Jawa & Tanggal Merah Gratis

Download Template Kalender 2020 CRD Lengkap Dengan Jawa & Tanggal Merah Gratis - Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi template kalender atau biasa disebut juga dengan tanggalan. Kalender yang saya bagikan kali ini adalah format cdr yang bisa diedit. Jadi kamu tidak perlu khawatir kalau ingin menambahkan atau mengurangi. Kamu juga bisa mengubahnya menjadi tanggal merah sesukamu hehehe. Sebelum lanjut untuk download Template Kalender 2020 Format CDR alangkah lebih baiknya untuk kita mengetahui apa sih sebenarnya kalender itu?

Download Template Kalender 2020 CRD Lengkap Dengan Jawa & Tanggal Merah Gratis
Download Template Kalender 2020 CRD Lengkap Dengan Jawa & Tanggal Merah Gratis

Pengertian Kalender

Kalender (Tanggalan) atau Tarikh adalah sistem yang berfungsi untuk memberi nama pada sebuah periode waktu, misalnya adalah hari (Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu). Nama tersebut dikenal dengan tanggal pada kalender. Tanggal ini berdasarkan pada gerakan benda benda angkasa yaitu bulan dan matahari. Terdapat berbagai macam kalender yang ada di dunia.

Macam-Macam Kalender

Ada banyak jenis kalender yang ada di dunia. Berikut ini adalah 10 Macam kalender:

1. Kalender Kibti/Qibti

Kalender ini adalah kalender yang digunakan oleh bangsa Mesir. Saat ini masih digunakan dengan rahasia oleh supranaturalis di indonesia. Kalender ini bisa difungsikan untuk mengetahui kapan seseorang meninggal, lahir, sembuh, dan lain-lain.
Contoh dari penggunaan kalender ini adalah seperti dalam kita karangan dari guru besar Abu Hayillah Al-Marzuki yang berisikan bahwa orang pisces atau HUT yang mulai sakit pada hari sabtu bulan kahik maka hal tersebut adalah tanda-tanda akan meninggal.

2. Kalender Jepang

Jepang menggunakan sistem kalenderTempo (Temporeki) sampai akhir tahun ke-5 zaman Meiji atau sekitar 1872. Selanjutnya jepang menggunakan kalender georgian sejak 1 Januari 1873. Kalender jepang memiliki 12 bulan dalam satu tahunya. 12 bulan tersebut adalah Ichigatsu, Nigatsu, Sangatsu, Shigatsu, Gogatsu, Rokugatsu, Sichigatsu, Hachigatsu, Kugatsu, Jugatsu, Juichigatsu dan Junigatsu.

3. Kalender Maya

Kalender Maya adalah sistem kalender yang dibuat oleh sebuah peradaban yang dikenal dengan nama Suku Maya pada tahun 747-353 Sebelum Masehi. Pada kalender ini setiap satu siklus memiliki lama waktu 260 hari yang dibagi ke dalam 13 trecena. Lama waktu disetiap trecena adalah 20 hari. Tidak terdapat kepastian awal hari dari 20 tanggal tersebut. tetapi menurut buku Chillam Balam terdapat referensi bahwa hari pertama dimulai adalah Imix.

4. Kalender Julian

Dalam kalender ini satu tahun secara rata-rata didefinisikan sebagai 365,25 hari. Angka 365,25 dapat dinyatakan dalam bentuk (3x365+ 1x366)/4. Karena itu dalam kalender Julian, terdapat tahun kabisat setiap 4 tahun. Kalender Julian berlaku sampai dengan Kamis-4 Oktober 1582 M.

5. Kalender Gregorius

Kalender ini merupakan kalender julian yang diubah oleh Paus Gregorius XII. Dirinya menetapkan tanggal setelah kamis 4 Oktober 1582 M adalah Jumat 15 Oktober 1582 M. Jadi, tidak ada tanggal 5-14 Oktober 1582 pada tanggalan ini. Kalender Gregorian mulai berlaku pada 15 Oktober 1582 M.

6. Kalender Hijriyah

Kalender Hijriyah ini disebut juga dengan kalender islam. Kalender ini digunakan oleh umat islam. Kalender Hijriyah digunakan untuk menentukan tanggal atau bulan yang berkaitan dengan ibadah atau hari hari penting. Sejarah dari nama Hijriyah adalah karena pada tahun pertama kalender ini dimuali terjadi sebuah peristiwa besar. Peristiwa tersebut adalah hijrahnya Nabi Muhammad SAW. dari Makkah menuju ke Madinah.

Di beberapa negara yang berpenduduk mayoritas Islam, Kalender Hijriyah juga digunakan sebagai sistem penanggalan sehari-hari. Kalender Islam menggunakan peredaran bulan sebagai acuannya. Dalam Kalender Hijriah, sebuah hari/ tanggal dimulai ketika terbenamnya matahari di tempat tersebut. 1 tahun Kalender Hijriah lebih pendek sekitar 11 hari dibanding dengan 1 tahun Kalender Masehi.

7. Kalender Jawa

Kalender ini sangat istimewa. Mengapa? karena pada kalender jawa adalah perpaduan antara budaya islam, hindu, budha, jawa, dan ada juga budaya barat. Di dalam kalender jawa terdapat dua macam siklus. Siklus yang pertama terdiri dari 7 hari, seperti yang kita gunakan saat ini. Dan siklus yang kedua adalah siklus pekan pancawara yang terdiri dari 5 hari pasaran. 5 Hari pasaran tersebut adalah pon, wage, kliwon, legi, dan pahing.

Pada tahun 1625 Masehi, Sultan Agung yang berusaha keras menyebarkan agama Islam di pulau Jawa dalam kerangka negara Mataram mengeluarkan dekrit untuk mengubah penanggalan Saka. Sejak saat itu kalender Jawa versi Mataram menggunakan sistem kalender kamariah atau lunar, namun tidak menggunakan angka dari tahun Hijriyah (saat itu tahun 1035 H). Angka tahun Saka tetap dipakai dan diteruskan. Hal ini dilakukan demi asas kesinambungan. Sehingga tahun saat itu yang adalah tahun 1547 Saka, diteruskan menjadi tahun 1547 Jawa.

8. Kalender Saka

Kalender ini berasal dari India. Kalender ini adalah penanggalan Syamsiah - Kamariah. Dalam kalender ini setiap satu tahun juga terdapat 12 bulan. Bulan tersebut adalah Srawanamasa, Bhadrawadamasa, Asujimasa, Kartikamasa, Margasiramasa, Posyamasa, Maghamasa, Phalgunamasa, Cetramasa, Wesakhamasa, Jyesthamasa,dan Asadhamasa.

9. Kalender Imlek / Tionghoa

Kalender Tionghoa berkembang sejak 3 milenium Sebelum Masehi. Kalender cina diyakini merupakan kalender paling lama yang masih digunakan hingga saat ini. Bulan yang terdapat di kalender ini adalah Cia Gwee,Ji Gwee, Sa Gwee, Si Gwee, Go Gwee, Lak Gwee, Cit Gwee, Pe Gwee, Kauw Gwee, Cap Gwee, Cap It Gwee dan Cap Ji Gwee.

Itulah macam-macam tanggalan yang ada di seluruh dunia.

Download Kalender 2020 Lengkap Dengan Tanggal Merah CDR

Download Template Kalender 2020 CRD Lengkap Dengan Jawa & Tanggal Merah Gratis
Download Template Kalender 2020 CRD Lengkap Dengan Jawa & Tanggal Merah Gratis

Berikut ini adalah Template Kalender 2020 CDR. Pada kalender ini telah lengkap dengan tanggal merah dan juga hari libur nasional. Jadi kamu akan lebih mudah untuk menggunakanya dalam bisnis kalender.

Oh iya, kalender ini juga lengkap dengan tanggalan masehi, hijriyah, dan jawa. Tentu tanggal-tanggal seperti itu masih digunakan hingga saat ini. Sebelum kita Download Kalender 2020 Lengkap CDR, alangkah lebih baik jika saya menyampaikan sumber dari tanggal ini terlebih dahulu.

Jadi Kalender 2020 Lengkap Jawa CDR ini saya dapatkan dari sebuah blog yang cukup terkenal yaitu Kantutorial. Bagi yang ingin mengunjunginya silahkan klik www.kangtutorial.com. Ya saya merepost ulang kalender yang dibuat olehnya karena memang boleh untuk dibagikan hehhe.

Tenang bro, saya tidak hanya adal repost Kalender Indonesia 2020 CDR dari laman tersebut. Pada Kalender Jawa 2020 Lengkap ini telah saya ubah desainya sehingga terlihat lebih modern dan keren. Template kalender ini bisa diedit mulai dari jenis font, ukuran, warna, dan lain-lain. Pasti dengan Kalender CDR 2020 Free Download ini akan mempermudah desainer dalam proses editing.

Font yang digunakan dalam kalender ini diantaranya adalah :
  1. Claerodon
  2. Futura
  3. Segoe UI
  4. Times New Roman
  5. Arial
  6. Adobe Caslon Pro Bold 
Kalender 2020 ini telah disesuaikan dengan hari libur nasional yang secara resmi diumumkan oleh Kemenko-PMK. Nah pada kalender ini telah dicocokkan dari beberapa sumber berikut ini.
  • www.liburnasional.com/kalender-2020
  • www.publicholidays.co.id/id/2020-dates
  • www.kalenderindonesia.com/kalender/masehi/2020
  • id.wikipedia.org/wiki/2020
dan untuk sumber kalender hijriyah dari 
  • www.al-habib.info/kalender-islam/global/kalender-islam-global-tahun-2020-m.htm

Daftar Hari Libur Kalender Tahun 2020

Sebelum lanjut Download Gratis Kalender 2020 Lengkap. Berikut ini adalah daftar hari libur nasional dari berbagai sumber tersebut.
  1. Rabu, 1 Januari : Tahun Baru Masehi
  2. Sabtu, 25 Januari : Tahun Baru Imlek 2571
  3. Minggu, 22 Maret : Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW
  4. Rabu, 25 Maret : Hari Raya Nyepi
  5. Jumat, 10 April : Wafat Isa Almasih
  6. Jumat, 1 Mei : Hari Buruh
  7. Kamis, 7 Mei : Hari Raya Waisak
  8. Kamis, 21 Mei : Kenaikan Isa Almasih
  9. Minggu - Senin, 24-25 Mei : Hari Raya Idul Fitri 1-2 Syawal 1441 Hijriyah
  10. Senin, 1 Juni : Hari Lahir Pancasila
  11. Jumat, 31 Juli : Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah
  12. Senin, 17 Agustus : Hari Kemerdekaan Indonesia
  13. Kamis, 20 Agustus : Tahun Baru Hijriyah 1 Muharram 1442 H
  14. Kamis, 29 Oktober : Maulid Nabi Muhammad SAW
  15. Jumat, 25 Desember : Hari Raya Natal
Dari beberapa sumber diatas memiliki hari libur yang sama. Sehinggan Kalender 2020 Lengkap Dengan Tanggal Merah ini disesuaikan dengan sumber tersebut. Namun sebelum masuk dalam tahap cetak. Sebaiknya dicek ulang terlebih dahulu untuk memastikan apakah terdapat perubahan di kalender atau tidak. Nah jika terdapat kesalahan pada cetak admin dari www.kangtutorial.com dan saya tidak bertanggung jawab.

Download Template Kalender 2020 Format CDR Lengkap Dengan Tanggal Merah

Download Template Kalender 2020 CRD Lengkap Dengan Jawa & Tanggal Merah Gratis
Download Template Kalender 2020 CRD Lengkap Dengan Jawa & Tanggal Merah Gratis

Template Kalender 2020 ini gratis sepenuhnya buat kamu karena saya mendapatkanya juga gratis hehhe. Semoga bisa bermanfaat ya. Oh iya pesan lagi, jangan lupa di proof atau dicek terlebih dahulu sebelum cetak.

Cara Download Kalender 2020 Indonesia Lengkap Dengan Hari Libur Nasional adalah sebagai berikut :
  1. Silahkan klik donwload dibawah in. Sesuaikan dengan versi CorelDraw kamu.
  2. Tunggu timer sampai 100%
  3. Klik "Klik Untuk Melanjutkan"
  4. Klik "Go To Link"
  5. Selesai
Jangan lupa klik iklan yang ada di safelink ya biar admin tambah semangat untuk berbagi desain yang lain hehehe.

Template Kalender 2020 CDR X4
Template Kalender 2020 CDR X6
Template Kalender 2020 CDR 21

Akumuss
Akumuss Saya bukanlah siapa-siapa.
Load comments